Rabu, 04 Maret 2015

PERJUANGAN MASUK PTN

Hai sobat blogger…kenalin nih…namaku ANANDA CHOIRUNNISA, biasa dipanggil nanda, tapi sebagian teman memanggilku Nandoel, tapi pas SMA, aku biasa dipanggil Donat….:D aku juga nggak tau kenapa mereka memanggilku Donat. Tapi aku lebih seneng dipanggil NaSa(singkatan dari nama panjangku) Aku sekarang adalah seorang mahasiswi UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA (UTM) jurusan sastra inggris dan baru semester 2 padahal rumahku di Sidoarjo .. :-D
Aku mau cerita pengalamanku saat masuk universitas. Sebenarnya aku menunda kuliahku 1 tahun, karena saat itu aku gagal masuk PTN. Pas tahun 2013 kemarin, aku mendaftar SNMPTN Undangan, waktu itu aku mendaftar PGSD UNESA, PEND.B.INGGRIS UNESA, dan PEND. MATEMATIKA UIN SURABAYA ( kok pendidikan semuanya yah…??iya..emang aq dari dulu bercita-cita ingin jadi guru ;)..ok..back to topic) .
Menjelang pengumuman SNMPTN, aku nggak nafsu makan(* gimana mau nafsu makan,kepikiran terus -,-*) waktu itu kalo nggak salah tanggal 17 Mei 2013, dan kebetulan saat itu aku belum beli pulsa modem, jadi aku numpang liatin ke teman2ku, jadi aku terus mantengin hapeku yah…siapa tahu temenku ngasih kabar, ,,,,,kutunggu kok lama bingit yah.. -,-, akhirnya aku memutuskan untuk Sholat ashar dulu sambil mohon ke Yang Maha Kuasa supaya aku lolos. Setelah itu, aku lihat hapeku , ternyata temenku sms “ nda,maaf yah,kamu nggak lolos”.”WAHHH…”!! seketika itu juga aku menjerit pelan sambil nangis ,dan ku bales temenku yang sms “kamu ketrima?” “iya aku ketrima pend.bahasa jerman unesa”….disisi lain aku juga seneng temenq ketrima, tapi disisi lain aku susah karena aku sendiri nggak ketrima. Aku tanya ke teman2 ku yang lain, ternyata kebanyakan dari mereka juga nggak ketrima…seharian aku menangis ,sampai-sampai ibuku ikutan nangis,ayahku terus nenangin aku, akhirnya aku sadar,masih banyak jalan menuju roma, masih ada SBMPTN dan SPMB yang meskipun  bakalan lebih sulit untuk aku lalui.
Beberapa minggu kemudian acara WISUDA angkatanku diadakan. Waktu itu kalo nggak salah tanggal 29 Mei 2013, jujur itu adalah wisuda TERBURUK bagiku,karena nilai UNAS-ku nggak ada yang 10,sedangkan teman2ku yang lain banyak yang dapet 10 sambil namanya disebutin 1 per 1,sedangkan aku?tidak!!! Sakitnya tuh disini -,- *kok jadi @lay gini sich-,-*Apalagi yang ketrima undangan juga disebutin 1 per 1,huuft..tambah membuat hatiku terluka.Apalagi guruku juga keheranan karena aku nggak masuk undangan, gimana nggak heran,selama SMA kelas 3 aku selalu dapet rangking  2 dikelas dan rangking 4 sejurusan IPA*sorry nggak bermaksud sombong*…hehehe..
Tapi aku tak pantang menyerah, masih ada SPMB dan SBMPTN yang pastinya akan berkali-kali lipat lebih menantang.  Hari-hari kemudian kulalui dengan belajar dan belajar (otodidak),sampai akhirnya tes SBMPTN harus kuhadapi saat itu tepatnya tanggal 17 juni 2013.Dan ternyata juga nggak lolos….sebelumnya juga aku sempet daftar spmb UIN SURABAYA,tapi juga nggak ketrima, well,akhirnya aku terjatuh untuk ketiga kalinya. Putus asa pastinya, tapi life must go on.
Akhirnya orang tuaku memutuskan untuk menguliahkanku di PGRI ADIBUANA SURABAYA. Jujur aku nggak yakin, selain mahal *Buatku* tapi aku nggak yakin kalo kuliah di kampus swasta. Akhirnya aku daftar pend.b.inggris disana,dan ternyata ALLAH tidak meridhoi aku kuliah disana, jauh-jauh dari rumah ke adi buana ternyata persyaratanku kurang.
Setelah berfikir panjang akhirnya aku memutuskan menunda kuliah untuk mondok. Aku berfikir bahwa inilah mungkin yang ALLAH inginkan dariku,yaitu mencari ilmu akhirat dulu,dan aku fikir mungkin akan lebih barokah jika aku mondok dulu.
Akhirnya tepat tanggal 14 september 2013 aku berangkat mondok. Ku jalani masa-masa pondok hingga tidak terasa aku telah mondok selama 6 bulan dan aku harus pulang untuk kembali belajar untuk SBMPTN 2014. Kali ini aku lebih focus untuk belajar supaya lolos SBMPTN 2014, aku ambil paketan bimbel khusus SBMPTN selama 1 bulan. Aku bingung antara mamilih IPA, IPA ,atau IPC ,karena memang aku menyukai dua mata pelajaran yaitu b.inggris dan biologi,aku bingung harus pilih apa. Akhirnya aku putuskan untuk memilih IPC. Banyak yang bilang kalo milih IPC akan susah lolos.Tapi aku nggak mau putus asa,aku terus belajar dan banyak berdoa. Kulalui masa-masa belajar di bimbel dengan semangat,sampai akhirnya tibalah hari H SBMPTN dimulai.
Setelah tes SBMPTN,kira-kira 1 bulan kemudian pengumuman kelolosan diumumkan.Saat itu tanggal 16 Juli 2014 dan bertepatan dengan berbuka puasa. Aku nggak nafsu makan sama sekali meskipun aku telah puasa seharian. Kulihat pengumuman di websitenya SBMPTN jam 17.00 tapi koneksi internetnya lemot,*maklumlah mungkin kebanyakan yang akses situs itu,makanya lemot*
Aku langsung menangis takut gagal,meskipun aku belum tahu pengumumannya.Saat itu yang melihat pengumumannya adalah 2 adik cowokq dan ibuku di kamar,sedangkan aku menangis duluan di ruang tengah.
Tiba-tiba kudengar suara jeritan gembira adikku “SELAMAT!!!”
Aku langsung kekamar dan berpelukan dengan adik dan ibuku,padahal belum tahu ketrima dimana :D… dan ternyata kulihat aku diterima di sastra inggris UTM,agak sedikit kecewa karena aku ingin masuk unesa pend.b.inggris,,tapi nggak apa2..mungkin inilah yang terbaik dari ALLAH untukku.Yang penting tahun ini aku bisa kuliah di perguruan tinggi negeri meski itu di Madura sekalipun.

Sobat…ALLAH tidak akan menyia-nyiakan perjuangan hamba-Nya, terus berjuang sampai batas kemampuanmu. Mungkin saat ini ada dari kalian yang bernasib sama seperti aku, yakinlah bahwa ALLAH lebih tahu mana yang terbaik untuk hamba-Nya. Bukanlah nama kampus yang akan menentukan kesuksesan kita, tapi kita sendirilah yang menentukan kesuksesan kita sendiri,ditangan kitalah kesuksesan akan terwujud tentunya dengan ridho dan qadar Sang Khaliq .Terus berjuang, tak ada kata terlambat,tak ada kata tua untuk ilmu. Semoga kesuksesan selalu menyertai kita. Aamiin….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar